RAMADHAN SAAT MASA KECIL - DAY 17 - BY. GADIS HAYU

By Gadis Hayu - Mei 22, 2019

Ramadhan saat kecil

Assalamualikum, halo hai.

Kembali lagi bersama celotehanku lagi. Kali #30harikebaikanBPN akan mengambil tema Ramadhan saat masa kecil.

Tema ini sungguh mengingatkanku akan masa lalu ku, gimana gak inget? Aku dulu mulai belajar puasa sejak SD karena aku SD alias Sekolah Dasar di Sekolah Islam di Surabaya. Cuma tahu nya ngaji doang, gak tahu apa itu pelajaran Fiqih, Aqidah, Tauhid gitu. Masuk sekolahan tu rasanya ku ingin nangis, tapi karena buat aku kalau sudah masuk kudu bisa keluar yaitu dengan kelulusan.
Eh, cerita puasa malah cerita masuk Sekolah. Haha.

Kelas 1 SD, aku belajar puasa yaitu puasa Bedug, alias puasa setengah hari. Jadi saat Adzan dhuhur aku makan, terus lanjut lagi puasa sampai maghrib. Haha lucu sih memang. Tapi ya namanya anak kecil belajar puasa ya. Karena kelas 1 aku masih 5,5 tahun.

Dari sekolahanku dulu aku diajarkan puasa, walaupun masih bolong – bolong. Setidaknya sudah mencoba merasakan puasa. Dulu kalau ditanya, apa sih arti puasa? Jawabku ya menahan lapar dan minum dari pagi sampai malam magrib.

Dan aku mulai belajar puasa magrib atau full seharian adalah saat kelas 4 SD. Saat kelas 4 aku sudah belajar mencoba puasa seharian. Dan Alhamdulillah lancar, walaupun terkadang disela – sela aku masih puasa bedug juga hehe.

Dan pernah ada cerita lucu dari aku, aku lupa saat kelas berapa waktu itu, yang pasti SD ya. Setiap hari libur atau minggu selalu rutinitasku dulu ke pasar nemenin tante belanja, nah setiap belanja selalu aku dibelikan jajanan ciki atau jeli. Saat itu puasaan, aku sudah niat donk puasa nya ya. Akan tetapi saat sampai rumah aku cuci tangan dan kaki terus langsung buka tuh 1 jeli, dengan nyamannya aku makan jellinya dengan lahap sampai habis. Setelah habis, tiba – tiba orang rumah bilang, “lho dis, bukannya kamu puasa?” dengan spontan bingunglah aku. Bagaimana dengan puasaku? Batal apa gak ini? Dan akhirnya aku langsung disuruh kumur dan sudah suruh lanjut puasanya lagi. Pastinya tanpa minu air putih dulu ya gess. Haha.

Ya itulah cerita ramadhan saat kecilku dulu. Pasti diantara kalian semua juga ada cerita saat puasa diwaktu kecil kalian yang kalian ingat sampai kalian besar nanti. Oke, sekian dulu celotehanku kali ini. Semoga bermanfaat dan selamat menjalankan ibadah puasa.

See you on the next blog.

Salam,
Gadis Hayu

Email : hayu.gadis@gmail.com
Ig : @gadishayu
YT : Gadis Hayu

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar