TIPS PUASA UNTUK ANAK KECIL - DAY 21 - BY. GADIS HAYU

By Gadis Hayu - May 26, 2019

tips belajar puasa untuk si kecil

Assalamualikum, halo hai.

Kembali lagi bersama celotehanku lagi. Kali ini #30harikebaikanBPN akan mengambil tema tips puasa untuk anak kecil.

Disini siapa yang punya anak kecil? Aku. Tapi dia belum puasa. Ya masih umur 3 tahun belum. Hehe.
Akan tetapi disini aku insya Allah akan mencoba mengajarkan anak aku untuk belajar berpuasa. Dengan cara, antara lain :

Memberikan contoh
Dalam memberikan contoh ini, denan meliat orang sekitarnya sedang berpuasa, yaitu tidak makan dan minum sampai waktu yang ditentukan. Serta juga menahan supaya tidak marah – marah. Karena terkadang anak kecil emosinya labil.

Tidak memaksakan anak untuk berpuasa full
Namanya juga anak kecil dan kita sebagai orang tua juga pernah merasakan kecil juga. Sambil berjalannya waktu kita pelan – pelan mengajarkan anak kita puasa full. Akan tetapi jika dia tidak kuat, ya sudah jangan dipaksa untuk full, bisa untuk belajar setengah hari saja. Akan tetapi dengan kita memberikan penjelasan bahwa nantinya puasa itu full.

Puasa dari makanan tertentu yang disukai
Memang terkadang susah kalau missal si anak sudah terlanjur suka dengan makanan A, biasanya dia akan selalu minta makanan A terus. Dengan mengajarkan berpuasa ini pelan – pelan coba untuk tidak makan makanan A tersebut selama waktu yang ditentukan.

Beri penghargaan
Ini yang dulu selalu mama aku kasih ke aku. Kalau puasanya sebulan nanti bisa dapatkan hadiah ini atau itu. Sebenernya ini kurang baik menurut aku, karena jadinya si anak puasa karena mengharapkan hadiah. Akan tetapi kita perlu jelaskan juga ke anak bahwa puasa ini bukan hadiah seperti ini yang kita harapkan ya. Akan tetapi ridho dari Allah.

Ini lah cara atau tips mengajarkan puasa untuk anak kecil. Tips ini aku rangkum dari pengalaman pribadi aku dan dari teman – teman aku yang anaknya sudah belajar berpuasa.

Oke, sekian dulu celotehanku kali ini. Semoga bermanfaat dan selamat menjalankan ibadah puasa. Mohon maaf kalau ada salah kata.

See you on the next blog.

Salam,
Gadis Hayu

  • Share:

You Might Also Like

0 comments