CARA MENGHILANGKAN KETOMBE - DAY 7 - BY. GADIS HAYU

By Gadis Hayu - Mei 12, 2019

bye bye ketombe



Assalamualikum, halo hai

Alhamdulillah sudah memasuki hari ke 7 bulan puasa ya, jadinya gini ini menghitungi juga haha. Bagaimana puasanya? Alhamdulillah lancar ya? Insya Allah. Aamiin
Tema kali ini di hari ke tujuh #30harikebaikan BPN ada 3 pilihan tema, antara lain :
1. Cara makeup untuk wanita berhijab
2. Tutorial makeup natural hijab
3. Cara menghilangkan ketombe

Dari ketiga tema tersebut aku mengambil tema yang nomer 3 yaitu cara menghilangkan ketombe. Akan tetapi disini aku lebih concern ke wanita berhijab ya. Tetapi buat yang belum berhijab bisa untuk diaplikasikan.

Jujur aja, siapa sih yang mau ketombean? pasti gak ada yang mau. Karena kalau ketombean itu beneran gatal sekali kulit kepala kita ini, rasanya pengen digaruk terus. Kan malu kalau tiba-tiba kita garuk - garuk di tempat umum. Iya kan?

Aku dulu juga ketombean dan parah sekali, karena ketombenya yang bener sampai mengeras dan kalau digaruk itu bisa sampai luka dan kadang sampai keluar darah. Sedih sekali. Akan tetapi setelah aku dewasa, aku mencoba mempelajari apa sih yang bikin ketombean ini?

Sebenarnya ketombe muncul bukan karena malas membersihkan rambut atau keramas sih ya, banyak sekali faktor, antara lain :
1. Kulit kepala kita yang kering dan kotor.
2. Kondisi kita yang lagi stres atau banyak pikiran sehingga kita terkadang malas menyisir rambut.
3. Kebiasaan pola hidup dan pola makan kita.
4. Pengaruh cuaca, terkadang cuaca yang panas dan terik dapat membuat kulit kepala kita panas dan sumuk itu dapat mempengaruhi munculnya ketombe.

Cara menghilangkan ketombe :
1. Sering gantilah ciput atau dalam -an jilbab, gantilah setidaknya sehari sekali, maksimal 2 hari sekali. Karena itu awal mula yang menempel dikepala kita dan kulit kepala kita selalu berkeringat sehingga menempel di dalam tersebut.
2. Keramas secara rutin minimal 2 hari sekali, sehari sekali boleh juga. Akan tetapi alangkah baiknya jika sehari sekali. Karena kalau sehari sekali kita harus benar - benar keringkan rambut kita. Karena rambut yang masih belum kering atau setengah basah lalu kita langsung tutup dengan jilbab dapat menyebabkan ketombe. Karena kulit kepala kita jadi begah, sudah setengah kering lalu di tutup ciput kemudian ditutup jilbab. Bisa bayangin kan bagaimana rasanya? Selain itu kalau masih basah atau setengah kering sudah ditutup jilbab bikin pusing kalau yang aku rasakan.
3. Menggunakan shampo khusus untuk anti ketombe atau anti dandruff dengan kandungan bahan mengandung Zinc, Sulfur atau Asam Salisilat. 


Yang aku rasakan akibat ketombe ini selain kurang nyamannya kita karena terkadang ketombe yang jatuh bertebaran dibaju kita, adalah membuat rambut kita rontok.

Dan ini juga sudah pernah aku share di youtube channel aku. Kalian bisa tonton juga video nya.


Semoga bermanfaat atas celotehanku kali ini dan terima kasih sudah mampir ke blog aku. Selamat membaca.

see you on the next blog

salam,
Gadis Hayu

email : hayu.gadis@gmail.com
Instagram : @gadishayu
YT Channel : Gadis Hayu

  • Share:

You Might Also Like

1 komentar

  1. Rambut gatal karena ketombe , mmng ngeselin bnget kak, apalagi ada acara, tiba2 terasa gatal, terus bikin kita harus garuk2 kepala...mksh tipsnya kak...

    BalasHapus