CARA MENGGUNAKAN PANCI PRESTO - DAY 11 - BY. GADIS HAYU

By Gadis Hayu - May 16, 2019

panci presto maxim
Cara Menggunakan Panci Presto


Assalamualaikum, halo hai.

Selamat datang dalam celotehan di blog ku ya, kali ini aku akan menuliskan kembali untuk ikutan menulis di Blogger Perempuan Network #30harikebaikanBPN. Apa sih temanya untuk hari kesebelas ini?
·         Cara menggunakan panci presto
·         Cara memasak ketupat dengan panci presto

Wow, tentang peralatan memasak ya? Hmmm, jujur saja aku ini tak pandai memasak. Aku hanya bisa memasak air, telor, haha. Ya, yang simple alias mudah aja aku bisa masaknya. Secara di rumah ada tante aku yang pandai sekali memasak. Aku hanya belajar dan makan masakan dari beliau. Ngomong – ngomong, dari kedua tema tersebut aku akan mengambil tema cara menggunakan panci presto. Ya sesuai dengan judulnya haha.

Di rumah aku punya panci presto maxim, pasti kalian ibu – ibu sudah pada tahu lah ya ini panci hits sekali. Panci presto ini bisa digunakan untuk berbagai makanan tapi yang setahu aku hanya untuk melunakkan tulang atau duri dari bahan makanan, contohnya ikan paling sering di presto ya ikan bandeng kalau aku. Karena aku gak suka bandeng biasa durinya buanyak sekali, pernah kejadian gak enak soalnya. Durinya ketelen dan dimasukin nasi sudah banyak tetep gak enak tenggorokannya. Oke, kembali ke temanya ya. Aku akan coba kasih tahu ke kalian bagaimana cara menggunakan panci presto.
  1.            Panci presto kita cek apakah sudah bersih atau belum? Misal lama tidak dipakai ya dibersihkan terlebih dahulu lalu keringkan.
  2.          Periksa kondisi panci terutama model panci presto yang ada ventilasi dibagian tutup pancinya, karena nanti uap akan keluar dari ventilasi tersebut.
  3.          Masukkan bahan makanan kedalam panci presto, perlu diketahui isi dalam panci presto tidak boleh full atau penuh. Harus diberi ruang untuk sirkulasi uap didalam panci. Disarankan maksimal adalah ½ dari isi panci presto.
  4.         Pada saat memasukkan jangan lupa juga diberi air dan kasih dudukan untuk memasang bahan makanan tersebut.
  5.         Tunggu makanan sampai matang. Untuk berapa lama penggunaan atau memasakan menggunakan panci presto ini adalah relative dan tergantung selera kita karena kalau kelamaan bisa jadi bubur, sedangkan kalau kecepatan ya masih belum empuk. Memang sedikit trial and error, tapi apabila sudah menemukan waktu yang pas berapa lamanya harap diperhatikan baik – baik.
  6.          Selesai, matikan apinya dan tunggu sampai uap habis dan kalian bisa buka tutup pancinya. Dan makanan siap untuk diolah lagi.

Sekian celotehanku tentang cara menggunakan panci presto, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

See you on the next blog.

Salam,
Gadis Hayu

Instagram : @gadishayu
YT Channel : Gadis Hayu


  • Share:

You Might Also Like

1 comments

  1. Pernah dulu waktu baru2 punya presto, setlh dianggap sdh masak, panci prestonya coba dibuka tp dlm keadaan msh panas, kok susah bnget , hampir aja dicongkel sama alm aba, tp untung saja g jadi , nunggu smpi dingin baru bisa dibuka 😀😀😀

    ReplyDelete