TRADISI LEBARAN - DAY 25 - BY. GADIS HAYU

By Gadis Hayu - May 30, 2019

Tradisi Lebaran
Assalamualikum, halo hai.

Kembali lagi bersama celotehanku lagi. Kali ini #30harikebaikanBPN bertemakan Tradisi Lebaran.

Tradisi lebaran ini banyak sekali macamnya, tergantung dari daerah atau kota masing – masing. 

Kalau di keluargaku tradisinya yang pertama adalah sungkem. Sungkem kepada kedua orang tua kita dan orang yang lebih tua dari kita. Sambil minta maaf serta adanya doa dan harapan kepada sesama.
Lalu ada bagi – bagi amplop an, ini sih kalau ada rejeki ya, tapi selalu memang di rumahku berbagi rejeki khususnya untuk anak kecil dan yang memberi yang sudah kerja.

Makan kare atau opor. Ini selalu setiap lebaran di rumah aku, tapi lebih ke kare karena lebih berwarna walau warna kuning haha. Kalau opor kan warnanya putih aja gitu. Kita selalu makan bersama – sama.

Kemudian unjung – unjung. Ada yang tahu gak unjung – unjung itu apa? Jadi unjung – unjung adalah mengunjungi tetangga dekat rumah setelah selesai sholat Idhul Fitri. Dengan kita mampir masuk ke rumahnya lalu bersalaman untuk bermaafkan kita biasanya di persilahkan untuk duduk dan mencoba mengincipi kue lebaran yang tersedia di meja tamunya. Kalau enak ya sambil ngobrol gitu gak pulang pulang makan tuh cemilan kue kering lebarannya. Kalau gak tahu malu ya bisa habis itu jajan lebarannya.

Setelah ada waktu luang selalu disempatkan untuk nyekar mengunjungi makam para leluhur yang telah meninggalkan kita terlebih dahulu. Karena tanpa mereka kita tidak aka nada dalam dunia ini.

Setelah itu main donk ke rumah mertua aku, karena berdekatan jadi aku gak perlu berangkat hari sebelum lebaran. Pas hari lebaran atau setelah gak apa – apa.

Itu tadi adalah tradisi lebaran yang biasa aku lakukan bersama dengan keluarga aku. Bagaimana tradisi lebaran dikeluarga kalian gess? Apakah sama dengan aku? Atau berbeda?

Oke, sekian dulu celotehanku kali ini. Semoga bermanfaat dan selamat menjalankan ibadah puasa. Mohon maaf kalau ada salah kata.

See you on the next blog.

Salam,
Gadis Hayu



Email : hayu.gadis@gmail.com
Ig : @gadishayu
YT : Gadis Hayu

  • Share:

You Might Also Like

0 comments